Kopdar KPSI (Komunitas Peduli Skizofrenia Indonesia)

1 May

Pagi-pagi diawal bulan Mei.. atau  lebih tepatnya tanggal 1 Mei atau lebih dikenal dengan “MAYDAY”, KPSI punya gawean niy…Kopdar for the first time…walaupun gw belum pernah ketemu dengan orang-orang dari KPSI tapi tetap saja hasrat untuk datang itu besar banget…ya…mungkin karena dilandasi rasa ingin tahu yang besar banget tentang penyakit Skizofrenia yang diderita oleh kaka gw yang no.2 yaitu Yani. Rencananya Kopdar KPSI itu akan diselenggarakan di Monas…nah.. berhubung gw agak takut klo pergi sendirian, so pasti donk gw minta ditemani…untungnya pepi mau menamani gw…walaupun pagi-pagi sempet ketar-ketir juga siy karena lihat  berita di tv, akan ada demo buruh besar-besaran di sekitar Bundaran HI sampai ke istana Negara…Tapi berhubung jiwa ingin perginya itu lebih besar (lebih tepatnya siy jiwa pengen jalan-jalan) jadilah gw n pepi tetep jalan menuju Monas…

Rute untuk perjalanan kali ini…gw lalui dengan naik busway…naik busway dari PIM sebenernya enak cuma lama ya…armadanya cuma sedikit…janjian di halte busway grogol jam 9.30…tapi ternyata gw telat 10 menit..telat 10 menit dari perkiraan…dah gitu lucunya si pepi salah turun…dia malah turun di halte sumber waras…walaupun agak lama…tapi tetep donk ketemu juga di halte sumber waras…Busway pagi itu agak penuh…jadi berdiri dech sampai Harmoni…Setelah sampai harmoni lanjut lagi dech naik yang ke arah monas…Pas tiba di halte monas…sempet kepikiran mau mampir dulu ke Museum Nasional..tapi niatnya diurungkan…tetaplah kita menuju Monas…Setelah nyebarang..bingung niy pintu masuknya…untung aja pepi berani nanya…alhasil kita gak kesasar…:D

Monas hari itu dijaga ketat oleh polisi…di setiap sudut ada polisi…banyak banget dech…jadi punya niat pengen foto2 bareng polisi…tapi Pepi rupanya sedang tidak PD…hehehehe..tiba di pelataran monas…bingung donk mencari posisinya om bagus dimana…telpon dirinya..dia bilang arah ke balai kota…balai kota dimana ya??? gak ngerti..trus dikasih ancar2 lah patung kuda…rupanya persepsi gw dengan om bagus itu…tidak sepaham…gw mengira patung kuda yang deket tugu monasnya…tapi ternyata persepsinya om bagus itu patung rama-shinta di depan gedung indosat. Di pelataran parkir tersedia fasilitas mobil gratis dari pelataran parkir smp pintu masuk terowongan menuju tugu  monas..sempet mikir-mikir n dapat saran dari ibu-ibu naiklah kita ke dalam mobil itu…sambil foto2 rupanya…sebelum mobil itu berangkat…gw pastiin lagi donk ke om bagus…dia bilang…dia di bawah pohon pake baju orange n gelar tikar…halah…makin bingung aja donk..secara pohon di taman monas banyak bener…setelah mobil berangkat..barulah terlihat posisinya om bagus…ternyata om bagus itu duduk di sebrang dari tempat parkiran mobil gratisan itu…gubrak dech…sementara mobil dah berjalan…gak mungkin donk kita turun mendadak…alhasil pasrahlah kita dibawa ke lokasi tengah2 monas…tapi walaupun pasrah…tetep harus eksis di depan kamera.

jalan dari tengah2 monas menuju lokasinya om bagus, lumayan agak jauh…secara panas terik pula…untungnya pepi mengeluarkan payung andalannya…walaupun panas menerjang…tetep donk eksis foto2 ditengah terik matahari

Payungan niy...

…setelah itu…sampailah perjalanan yang melelahkan itu di atas tikar terbang (halah…lebay.com) bersalaman dengan om bagus, mba tika (psikiater from Yogya) n ibu reni…duduk-duduk…sambil bercerita…tidak berapa lama setelah itu…munculah mas beggy…tampaknya mas beggy kebingungan mencari kita…padahal dia sudah berdiri  dekat dari tikar terbang tapi dia seperti gak yakin gitu…after om bagus kembali dari pencariaannya dalam membeli pulsa…bergabunglah mas beggy ke atas tikar terbang…n terbanglah kita bersama2…(makin lebay)…eh lupa…sebelum mas beggy datang…ada juga yang datang..namanya mas rhino…mas rhino itu ODS (orang dengan Skizofrenia)…n kembali terbanglah kita bersama2 dengan tikar terbang…

Sesi curhat2an dimulai (ditemani dengan berkotak-kotak bakpia from mba tika)…kalau ibu reni memiliki pengalaman tinggal bersama ibu yang menderita skizofrenia…skizofrenia nya itu akibat dari diabetes n alzheimer setelah itu barulah di vonis skizofrenia…om bagus itu memiliki abang yang menderita skizofrenia, katanya siy awal mulanya karena ada temannya yang tidak suka dengan abangnya om bagus dan diguna2lah abanya mas bagus itu (cerita lebih lengkap klik disini http://larassejati.multiply.com/journal/item/485) n sekarang di rawat di panti untuk penderita skizo di daerah ciganjur…mas beggy memiliki ibu yang menderita skizofrenia, dan menurut dari cerita yang dituturkan oleh mas beggy…ibu terkena gangguan skizo semenjak cerai dari ayah mas beggy, lalu kondisi keuangan yang semakin menurun…klo gw ya itu tadi…kk perempuan gw yang ke 2 (yani) menderita skizofrenia sejak 9 thn yang lalu…klo ditanya awalnya kenapa…agak panjang itu…nanti diceritakan 1 story khusus ttg yani…hehehehehe…klo mas rhino…dia menceritakan ttg dirinya saat mendapat gangguan skizofrenia… (amazing denger cerita mas rhino…n jadi membangkitkan rasa optimist klo kk gw pasti masih bisa sembuh). mulai dari mendengarkan bisikan-bisikan dari yang tak terlihat, bahkan paranoid terhadap tv karena mas rhino merasa dirinya ada di tv tersebut dan tv itu menayangkan tentang dirinya dan membicarakan dirinya, percobaan bunuh diri dari atas kereta smp akhirnya dia sadar kalo di menderita skizo…dan tahun kemaren dia baru menikah loh…hebatnya mas rhino…(gw aja belum nikah :(( “crying”)

Setelah itu muncul lagi donk anggota KPSI yang lain…munculah mba loly…(anggota tikar terbang jadi makin banyak) mba loly menceritakan ttg adiknya yang menderita skizofrenia…awal mulanya gw lupa…yang pasti sekarang sedang berobat ke sanatorium dharmawangsa…n anggota terakhir yang dateng yaitu mba yunita…mba yunita menceritakan ttg ibunya yang menderita skizofrenia…n yang terakhir…so pasti donk pepi…apakah pepi bercerita ttg skizofrenia? oohhhhhh…tentu tidak…pepi hanya menjadi pendengar sejati…hehehehehe…sekalian buat nambah pengetahuannya pepi tentang skizofrenia…

Ceritanya seru2…malah seakan-akan semua orang ingin bercerita ttg pengalamannya…terkadang gw sendiri lebih memilih untuk mendengarkan….paling2 niy klo ada kata yang gak dimengerti…gw n pepi saling berpandang2an..(klo dah gitu…biasanya cuma bisa ketawa be2)…perhatian gw jadi terpecah saat para peserta demonstran (buruh) yang sedang demo menuju istana negara, berjalan panjang banget..seakan2 parah buruh itu gak ada abisnya…jumlahnya banyak banget…mereka ada yang teriak2 ttg penghapusan outsourching…ada yang teriak2 bubarkan kabinet SBY-Boediono bahkan pas deretan terakhir sambil bernyanyi2 “Budiono maling”….berpandang2anlah lagi gw n pepi…pepi bilang “Oh disini ada maling ya?” gubrak gak siy dengernya…Jujur niy…ini pengalaman ke 2 kalinya gw n pepi ngeliat orang demo…pengalaman pertama ngeliat demo itu pas bulan februari 2010…waktu itu berbarengan dengan mega bazaar computer di JHCC…gw lupa waktu itu demo apa…yang pasti waktu itu mahasiswa demo di MPR/DPR… O ya klo gak salah demo 100 hr pemerintahan SBY-Boediono dech…nah demo buruh hari itu adalah pengalaman pertama gw liat orang demo dengan jumlah yang banyak banget…kayaknya klo diitung2 bikin cape dech…

Ok…back to the topic…smp jam 12 lewat…sesi curhat2annya masih tetep berlanjut…sementara panggilan alam…sudah memanggil2 dalam perut…Ya…intinya gw kelaparan…mengingat2 pagi2 cuma sarapan 1 buah kentang rebus…lirik2 ke kiri dan kekanan masih asyik mendengarkan sesi curhat2an…eh ternyata masih ada harapan…lirik ke sebelah kanan (pepi lagi..pepi lagi) gw bilang lapar…eh dia bilang juga lapar…bisik2an berlanjut ke smsan…ternyata tadi pagi dia cuma makan roti bakar…walah semakin lengkaplah penderitaan kita…(lain kali klo pergi2 harus sarapan nasi dulu)…jam 12 lewat…lirik2 donk ke bu reny…ternyata bu reny setuju klo istirahat dulu…so ada waktu untuk ke WC, sholat n makan…btw, makasih banget loh untuk bu reny yang sudah membelikan makan siang…

Perjalanan menuju WC langit terik banget…cerah…n gerah banget…eh pas dah smp di WC umum…tiba2 hujan deras…wah…aneh banget dah…dalam sekejap bisa berubah drastis…setelah itu dilanjutkan dengan sholat…waktu di mushola…ternyata banyak peserta demo yang istirahat untuk sholat zuhur..klo di liat2 siy usia mereka kira-kira 17 smp 20thnan…masih muda2 rupanya…tapi klo untuk yang laki2…ya kebanyakan dah bapak2 gitu…after sholat kembali donk ke titik awal…n bener2 dech cuaca kembali berubah…n kembali menjadi panas….ternyata tikar terbangnya sudah pindah posisi…tapi masih deket2 dari titik awal siy…kembali ke tiker terbang…kembali untuk makan (lho…maksudnya makan siang)…dengan menu nasi padang…hmmm…berhubung nasi padang porsinya banyak ya…kembalilah gw n pepi saling pandang2an…(tidak sanggup untuk menghabisi ini semua)…tapi ya namanya rejeki donk…harus dimakan bukan???

setelah beberapa suapan n ayamnya sudah kami bantai….kembalilah kami berpandangan sambil melihat itu nasi…ternyata mba tika melihat tingkah gw n pepi…n dia bertanya “nasinya kebanyakan ya?” lalu berbarenganlah gw n pepi menjawab “iya mba” sambil memberikan senyuman yang super manis…(gubrak) setelah itu..maaf banget niy..nasinya gak abis…padahal gak boleh ya…klo makan nasi disisakan…hehehehe…tapi apa daya…perut ini tak mampu untuk menampung…

cerita kembali diteruskan…tapi sayang sungguh sayang…jam 2 lewat…kita harus bubaran niy…mba tika harus ke bandung ke rumah orang tuanya….setelah pamitan n tuker2an no telp…sambil tentunya menanyakan kembali nama yang tadi tak terdengar, kita harus berpisah semua…Kopadar cukup sampe disini…sementara di luar halaman monas…para demonstran sedang bergerak menuju ke arah bunderan HI…after dadah2an dengan mba yunita dan mba loly…gw n pepi segera menuju tukang jagung rebus…sepertinya pepi sedang ngidam kacang kedele rebus…lalu perjalanan dilanjutkan dengan busway menuju blokm…ada janji temu dengan pasangan muda kita tity-yudi, serta geni…

baru aja smp loket busway…mba2 di loket busway bilang…cepet mba naik buswaynya…karena takut gak ada lagi buswaynya..(jalanan tertutup oleh ribuan demonstran)…dengan sigap segera donk menaiki busway dan berjalanlah menuju blok-m…jalan sudirman lenggang…sepi n cepat sekali smp blokm…

setelah tiba di blok-m…perjalanan gw n pepi belum selesai…sambil menunggu kedatangan tity-yudi n geni…gw n pepi menyempatkan untuk sholat ashar dulu di masjid al-latif pasaraya. lumayan lah untuk ngadem, sholat n bedakan…setelah sholat…kembali seger donk….keliling2 di seputaran melawai…niat ga belanja eh malah belanja…dasar wanita…tak tahan dengan godaan baju…hehehehehe…setelah puas muter2 di melawai…tujuan terakhir adalah blok-m square…menuju blok m square adalah langkah2 penuh perjuangan…secara badan sudah lemas…kaki pegel n benar2 sudah kelelahan karena kehabisan energi…karena tidak dapat tempat duduk…jadilah kita mojok di depan lift 8 n 9 Blok M square…rasanya duduk selonjoran itu enak banget ya..wah..seperti menemukan tempat duduk yang terindah…(hahahahaha…lebay banget gak siy?) Di pojokan itulah akhirnya geni, tity-yudi menghampiri kita…duduk2 sebentar sambil membicarakan kegiatan gw n pepi hari ini…terus dilanjutkan dengan rencana liburan ke pulau tidung…tampaknya geni, tity n yudi tertarik dengan penjelasan gw n pepi mengenai rencana liburan ke pulau tidung…coz gw n pepi menjelaskan dengan penuh semangat dan jiwa 45…memberikan anggaran biaya serta foto2 pulau tidung… penjelasan dilanjutkan dengan mencari tempat yang PW di foodcourt lantai 5…lumayanlah acara sore itu kita isi dengan ngopi bersama…sambil bercerita2…

ngopi2 di foodcourt Blok M Square

jam setengah 7 pepi pamit pulang…jam 7 tity n yudi yang pamit pulang…tinggal gw n geni yang belum pulang…sibuk dengan hp masing2 karena menghubungi kru2 lain seperti dini, ghulam, dede n odank…karena bosan menunggu kabar…gw n igen beranjak dari foodcourt n menuju blokm plaza…jam 8 baru mendapatkan kepastian dari semua…n rencana ketemuan batal….dini nemenin nyokapnya di rumah, odank sedang di jalan dari serpong menuju jakarta, ghulam sedang di tengah jalan…dede gak bisa keluar…n finally g n igen harus berpisah di lampu merah melawai…

Hmmm…hari yang melelahkan tetapi juga membahagikan di Mayday ini…jadi gak sabar nunggu kopdar ke dua dari KPSI…hehehehe

7 Responses to “Kopdar KPSI (Komunitas Peduli Skizofrenia Indonesia)”

  1. pepi May 8, 2010 at 2:23 am #

    mba kok foto saya ada disituu yah,,,,,!!! wakakkakak

  2. dykapede May 8, 2010 at 10:58 am #

    cieeeeeeeeeeeee, tapi sayang ga ajak-ajak, :-((

  3. I Made Winadi Yasa December 2, 2010 at 1:37 pm #

    Apakah anda tahu maillinglist tentang skyzofrenia dan bagai mana caranya menjadi anggota?

    • idakirei December 17, 2010 at 10:48 am #

      mailinglistnya tidak ada…tapi kalo pa made sudah punya akun facebook… ada grup kpsi di facebook kok…

  4. Arief May 3, 2011 at 12:17 pm #

    boleh ikut gabung ga??Aq dah enam bulan berobat ke psikiater,selama ini aq slalu ketakutan yg gak jelas..klo ada yg mo berbagi kemana yach??

  5. haikal June 23, 2011 at 11:44 am #

    sama, kakak gw jg skizofrenia

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: